Thursday, June 13, 2024

Gratitude

Kadang terlalu bersyukur dengan apa yang terjadi yang sumbernya dari luar: orang, kejadian, tempat, barang, kebaikan, dll. Mungkin menjadi lupa untuk berterimakasih dan bersyukur pada diri sendiri. Karena semua hal hadir dalam hidup, adalah diri sendiri yang menarik itu semua dan mengizinkannya untuk terjadi.

Begitupun saat hal tidak menyenangkan, buruk, kerusakan, pelecehan, exploitasi, penderitaan terjadi pada diri, tanpa sadar meras diri korban dan menjadi tak berdaya. Padahal itu semua diri sendiri yang mengundang, menarik, dan mengizinkan itu semua hadir dalam hidup dan memberi dampak pada diri sendiri. Tidak ada yang bisa masuk dan memberi dampak jika diri tak mengizinkan. Kalau ada orang melecehkan, memaki, merusak, memanfaatkan, jika diri tidak mengizinkan itu semua, ya tidak akan berdampak apalagi hingga membuat diri menderita dan rusak. 

Mungkin dari ilustrasi diatas, bisa memberi kesadaran bahwa kita adalah sumber, memiliki pilihan, dan kuasa akan diri sendiri. 

Semakin fokus pada diri sendiri, berkesadaran dengan apa yang dipilih, termasuk tau tujuan diri dan apa yang di hasratkan, semakin mudah merubah hal-hal diluar diri yang hadir. Sesederhana memilih untuk memberi dampak pada diri atau hanya lewat dan tak berarti.

No comments:

Post a Comment